>

JASA OLAH DATA PEMBUATAN SKRIPSI, TESIS DAN DISERTASI

ANALISIS JALUR DENGAN UJI SOBEL TEST

uji sobel test


Uji sobel test digunakan untuk mengetahui hasil dari variabel intervening dalam memediasi variabel independen terhadap variabel dependen. Dalam penelitian ini untuk mengetahui orientasi pembelajaran mampu menjadi variabel intervening antara human capital dan modal sosial terhadap kinerja sumber daya manusia menggunakan uji Sobel test. Uji sobel test menggunakan kalkulasi dengan analisis jika nilai signifikasi lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa variabel orientasi pembelajaran dapat menjadi variabel intervening antara variabel human capital dan modal sosial terhadap kinerja sumber daya manusia.
 SEBAGAI CONTOH PENGERJAAN UJI SOBEL TEST

Untuk mengetahui orientasi pembelajaran sebagai variabel intervening antara human capital  dan modal sosial terhadap kinerja .Orientasi pembelajaran akan menjadi variabel intervening antara human capital terhadap kinerja  dapat dicari menggunakan Coefisien standardized dan standard error masing-masing variabel yang digambarkan sebagai berikut 
UJI SOBEL, UJI INTERVENING, UJI MODERATING
Berdasarkan nilai yang ada pada gambar maka dapat diketahui
A = 0,619          B = 0,434
SEA = 0,081     SEB = 0,172  
Nilai tersebut didistribusikan kedalam rumus
Jadi nilai sobel test statistic = 2,39
Hasil pengujian sobel tes untuk mengetahui pengaruh human capital terhadap kinerja  melalui orientasi pembelajaran didapatkan nilai sobel test sebesar 2,39 Nilai Z hitung = 2,39 > 1,968. Artinya bahwa orientasi pembelajaran dapat memediasi pengaruh variabel human capital terhadap kinerja . Nilai pengaruh langsung human capital terhadap kinerja  sebesar 0,333. Apabila dibandingkan dengan nilai Z hitung maka nilai Z hitung lebih besar dari 0,333 sehingga pengaruh human capital terhadap kinerja  cenderung melalui orientasi pembelajaran .