>

JASA OLAH DATA PEMBUATAN SKRIPSI, TESIS DAN DISERTASI

chi aquare: studi kasus




ANALISA DATA CHI SQUARE: STUDI KASUS
       Analisa data adalah kegiatan dalam penelitian dengan melakukan analisa data yang meliputi persiapan, tabulasi dan aplikasi data. Selain itu, pada tahap analisa data digunakan uji statisik (Alimul, 2003).
a.    Analisa Univariat
       Analisa Univariat dilakukan dengan tujuan mendefinisikan tiap variabel yang diteliti dalam bentuk distribusi frekuensi dan presentase, karena data dalam penelitian ini berskala nominal (kejadian karies gigi) dan ordinal (kebiasaan konsumsi makan makanan manis dan perilaku gosok gigi) sehingga data bersifat kategorik.
b.    Analisis Bivariat
       Adalah analisis yang dilakukan terhadap dua variabel yang diduga berhubungan atau berkorelasi, untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kebiasaan mengkonsumsi makanan manis dan perilaku gosok gigi dengan kejadian karies gigi pada anak prasekolah. Analisa ini menggunakan Chi Square yaitu digunakan untuk mengetahui hubungan antara variabel-variabel yang diketahui hubungannya oleh peneliti adalah jenis variabel kategorik sehingga yang sesuai untuk penelitian ini adalah Chi Square dengan tingkat kepercayaan 95%. Apabila p value > 0,05 Ho diterima, dan bila p value < 0,05 Ho ditolak.
Dengan rumus :