>

JASA OLAH DATA PEMBUATAN SKRIPSI, TESIS DAN DISERTASI

ETIKA PENELITIAN

ETIKA PENELITIAN

Dalam sebuah penelitian diperlukan juga sebuah etika penelitian, etika penelitian adalah sebuah kode etik peneliti dalam melindungi hak-hak responden sehingga responden akan merasa haknya untuk tidak dipublikasikan akan merasa aman, berikut etika dalam sebuah penelitian yaitu:
 a.    Informed Concent
       Informed consent merupakan bentuk persetujuan antara peneliti dengan responden penelitian dengan memberikan lembar persetujuan. Lembar persetujuan diberikan kepada responden agar mengerti maksud dan tujuan penelitian. Jika responden bersedia maka responden akan menandatangani lembar persetujuan. Jika tidak bersedia maka peneliti harus menghormati hak pasien.
  b.    Anonimity (tanpa nama)
       Peneliti memberikan jaminan dengan tidak mencantumkan nama responden pada lembar atau alat ukur dan hanya menuliskan kode pada lembar pengumpulan data.
c.    Confidentiality (kerahasiaan)
          Kerahasiaan informasi yang telah dikumpulkan dari subyek dijamin karahasiaannya oleh peneliti dan hanya informasi tertentu saja yang ditampilkan. Peneliti akan menyimpan data di flash disk yang disimpan di file dengan nama tertentu yang hanya diketahui oleh peneliti, adapun tenggang waktu penyimpanan selama 5 tahun dan dimusnahkan 5 tahun kemudian sejak tanggal penyimpanan data , dimusnahkan dengan cara membuang file yang terdapat di flash disk. Hasil kuesioner akan disimpan ditempat yang aman selama 5 tahun dan akan dimusnahkan dalam jangka  waktu 5 tahun dengan cara dibakar.