>

JASA OLAH DATA PEMBUATAN SKRIPSI, TESIS DAN DISERTASI

UJI ASUMSI KALSIK: UJI JARQUE BERA





UJI ASUMSI KlASIK: UJI NORMALITAS DATA DENGAN UJI JARQUE BERA
Deteksi normalitas bertujuan untuk menguji apakah dalam model regresi, variabel pengganggu atau residual memiliki distribusi normal atau tidak. Seperti diketahui bahwa uji t dan F mengasumsikan bahwa nilai residual mengikuti distribusi normal. Apabila asumsi ini dilanggar maka uji statistik menjadi tidak valid untuk jumlah sampel kecil (Ghozali, 2013).
Dalam penelitian ini menggunakan uji Jarque-Bera yang mempunyai nilai chi square dengan derajat bebas dua. Jika hasil uji Jarque-Bera lebih besar dari nilai chi square pada α = 5%, maka hipotesis nol diterima yang berari data berdistribusi normal. Jika hasil Jaque-Bera lebih kecil dari nilai chi square pada α = 5%, maka hipotesis nol ditolak yang artinya tidak berdisribusi normal. Uji Jaque-Bera adalah untuk menguji normalitas dengan sampel besar (Ghozali, 2013).

Deteksi normalitas bertujuan untuk mendeteksi apakah dalam model regresi, error term mempunyai distribusi normal atau tidak. Model regresi yang baik jika error term terdistribusi normal atau mendekati normal. Uji normalitas dalam penelitian ini menggunakan uji uji Jarque-Bera, uji normalitas pada analisis jarque bera mengambil dari nilai residual persamaan regresi yaitu nilai kurtosis (keruncingan) dan nilai skewness (kemiringan) dnegan rumus sebagai berikut.
jb = N (SKEWNESS DIKUADRATKAN : 6 + KURTOSIS DIKUADRATKAN : 24)
Pengujian regresi yang menghasilkan data residual diperoleh nilai kurtosis dan skewness sebagai berikut.
Tabel 4.10 Hasil nilai dari skewness dan kurtosis

Skewness
Kurtosis
-0.045
0.150
Sumber: Data Primer, 2019
Hasil uji regresi dengan residu di peroleh nilai skewness -0.045 dan nilai dari kurtosis sebesar 0.150, kemudian nilai tersebut di subtitusikan kedalam rumus jarque-bera sebagai berikut.
JB = 100 x 0,001275
JB = 0,1275
Nilai jarque-bera sebesar 0,1275 dengan banyak data 100 maka df = 2 dan tarafsignifikasi sebesar 5% diperoleh nilai chi-square tabel 5,99. Sehingga nilai jarque bera hitung (0,1275) <  nilai chi-square tabel (5,99). Hal ini dapat disimpulkan bahwa data penelitian berdistribusi normal.
untuk lebih jelkasnya silahkan simak video berikut